SMKN 3 Kota Serang Raih Piagam Adiwiyata tingkat kota

  • Post published:May 27, 2019
  • Post category:berita
SDN 1 Motoboi Kecil Raih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional |  Bolmora.com

SERANG, (vivabanten.com) – Walikota Serang Safrudin memberikan penghargaan piagam Adiwiyata kepada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Serang yang dinilai mempu membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan dan pembagunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

“Kami megucapkan terimakasih dan bangga kepada para penerima penghargaan Adiwiyata. Berkat upaya dan konsistensinya dalam melestarikan lingkungan dan agar dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya,” ujar Walikota Serang Syafruidn saat menyerahkan piagam Adiwiyata kepada kepala sekolah SMKN 3 Hj Cucu Supriatin dalam peringanan hari Kebangkita Nasional baru baru ini.

Syafrudin yang baru beberapa bulan menjabat Walikota Serang ini mengatakan, penilaian penghargaan Adiwiyata yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang ini merupakan sarana untuk mengedukasi para generasi muda di lingkungan sekolah untuk terus menanamkan rasa kesadaran, kecintaan dalam menjaga serta melestarikan lingkungan.

”Ini menjadi sarana edukasi bagi generasi dilingkungan sekolah untuk terus menanamkan rasa kesadaran, kecintaan dalam menjaga serta melestarikan lingkungan,” cetusnya.

Sementara Kepsek SMKN 3 Kota Serang, Cucu Supriatin kepada koran ini mengaku bangga dan terharu mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingat Kota Serang. Apalagi, SMKN 3 adalah satu satunya sekolah vokasi di Kota Serang yang berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi tentang pelestarian lingkungan dan penghijauan tersebut.

Ia mengatakan, selama lebih lima tahun dirinya bersama para guru terus mensuport dan membuat program penghijauan dengan melibatkan siswa dan orangtua siswa serta stake holder agar sekolah yang terletak di jalan Kimara No 1 Kelurahan Lebak Wangi, Kecamatan Walantaka itu terlihat hijau,asri dan bersih.

“Dulu SMKN 3 ini masih dilihat sebelah mata,karena letaknya jauh di perkampungan.Namun,berkat kerja keras semua pihak termasuk guru,siswa dan orangtua siswa, Alhamduillah sekolah kami mendapatkan penghargaan bergengsi dari Walikota sebagai sekolah Adiwiyata,” tutur Cucu.

Wakil Kepala Sekolah SMKN 3 bidang Kurikulum, Erwin Nauval Abdurahman menambahkan,sebelum sekolah tersebut dipimpin oleh Cucu Supriatin,lingkungan sekolah,ruang guru dan ruang kelas terkesan jorok dan tidak tertata.

“Tahun 2012 ketika ibu Cucu menjadi Kepsek dia meminta kepada saya dan para guru lain untuk membuat program agar sekolah bisa lebih tertata dan anak anak didik terbiasa dengan kebersihan,” ungkap Erwin.

Seiring berjalannya waktu, ada program pembiasan setiap hari Selasa sebelum mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) semuanya mulai dari guru dan muid turun ke lapangan untuk melakukan pembersihan lingkungan sekolah.

“Awalnya kami tidak memiliki target Adiwiyata, karena kami cuma memiliki program pembiasaan anak didik hidup besih, lingkungan bersih dan ternyata hal ini menarik perhatian Dinas Lingkungan Hidup untuk menilai sekolah kami sehingga berhasil mendapatkan piagam Adiwiyata,” tutur Erwin.

“Salah satu syarat untuk mendapatkan sekolah Adiwiyata itu adalah bagaimana sekolah dalam pengolahan sampah dan adanya lingkungan yang hijau dan asri,” sambungnya.

Kendati tahun ini SMKN 3 Kota Serang mempu meraih predikat sekolah adiwiyata tingkat Kota Serang,namun hal ini tidak lantas membuat pihaknya berpuas diri. Perolehan tersebut kata Erwin, justru menjadi tumpuan untuk memotivasi guru, siswa, warga sekolah lainnya dan orang tua/wali siswa melakukan pembenahan agar predikat sekolah adiwiyata tingkat Provinsi Banten dapat diperoleh.

“Justru hal ini harus menjadi cambuk bagaimana sekolah kami bisa mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi atau Nasional nantinya,” tukas Erwin.

Terpisah kepala Bidang (Kabid) SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindkbid) Provinsi Banten, Wawan Murwanto sangat mengapersiasi kerja keras seluruh jajaran SMKN 3 Kota Serang yang berhasil menyulap lingkungan SMKN 3 Kota Serang yang awalnya jorok dan tidak tertata menjadi sekolah Adiwiyata.”Ini harus bisa menjadi contoh buat sekolah lain untuk bisa menjadikan lingkungan sekolah yang asri,bersih,sehat dan berkualitas sesuai dengan program Gubernur Banten,” ujar Wawan.

Menurut Wawan, jika lingkungan sekolah sudah asri,bersih,sehat,maka proses kegiatan belajar mengajar juga akan berjalan kondusif untuk meningkatkan mutu pendidikan agar lulusan sekolah vokasi dapat bersaing di dunia kerja.

Ia berharap, seluruh stake holder dan keluarga besar sekolah dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh, karena Adiwiyata kat Wawan, mempunyai arti tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika serta tempat yang besar, agung, baik dan indah dimana tempat itu digunakan oleh seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, dan etika.

“Kita terus menerus mensosialiasiskan pentingnya lingkungan sekolah yang asri, sehat dan berkualitas untuk meningkatkan mutu pendidikan vokasi di Banten,” tukasnya. (akew/jojo)

sumber : https://vivabanten.com/smkn-3-kota-serang-raih-piagam-adiwiyata/

Leave a Reply