PROGRAM-PROGRAM UNGGULAN SEKOLAH

  • Post published:November 25, 2020
  • Post category:PROFIL

1. Pengembangan karakter

  • Sambut pagi

Kegiatan guru menyambut siswa di gerbang sekolah. Kegiatan ini ditunjukkan untuk membentuk karakter untuk saling menghormati antara guru dan siswa.

  • Selasa bersih dan jumat bersih

Program pembinaan karakter siswa untuk memupuk rasa cinta terhadap kebersihan lingkungan. Juga diperuntukan sebagai bukti keterlibatan siswa dalam kegiatan menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

  • Tadarus pagi
    • Ditunjukkan untuk membentuk dan meningkatkan pribadi-pribadi yang mencintai Al Quran sekaligus melantunkan Asmaul Husna.
  • Muhadhoroh
  • Ditunjukkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam public speaking, atau pidato 3 bahasa (Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia)
  • Sholat dhuha bersama
  • Ditunjukkan sebagai pembiasaan bagi siswa dalam melaksanakan sholat dhuha

2. Sekolah Model ,  Rujukan  dan Imbas

Tujuan pengembangan sekolah model dan pola pengimbasan  adalah untuk mengembangkan:Percontohan sekolah berbasis SNP melalui  penerapan penjaminan mutu pendidikan mandiri.Pola pengimbasan penerapan penjaminan mutu  pendidikan kepada sekolah hingga seluruh sekolah mampu menerapkan penjaminan mutu pendidikan secara  mandiri pada tahun 2019.Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan pengembangan  sekolah model dan pola pengimbasan adalah:Sekolah menerapkan penjaminan mutu pendidikan  mandiri;Sekolah meningkatkan mutu sesuai Standar Nasional  Pendidikan;Sekolah berbudaya mutu;Model sekolah adalah sekolah yang ditetapkan dan dibina  oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) untuk  menjadi acuan sekolah bagi sekolah lain di sekitarnya dalam  penerapan penjaminan mutu pendidikan mandiri. Model sekolah menerapkan seluruh siklus penjaminan mutu  pendidikan secara holistik, dan berkelanjutan,  sehingga budaya mutu tumbuh dan berkembang secara  mandiri pada sekolah tersebut.Model sekolah dipilih dari sekolah yang belum memenuhi  SNP untuk dibina oleh LPMP agar dapat menerapkan  penjaminan mutu pendidikan di sekolah mereka sebagai  upaya untuk memenuhi SNP. Pembinaan oleh LPMP dilakukan  hingga sekolah telah mampu melaksanakan penjaminan mutu pendidikan mandiri. Model sekolah dijadikan sebagai  sekolah percontohan bagi sekolah lain yang akan menerapkan  penjaminan mutu pendidikan secara mandiri.

Model sekolah  memiliki tanggungjawab untuk mengimbaskan praktik baik  penerapan penjaminan mutu pendidikan kepada lima sekolah di sekitarnya, sekolah yang diimbaskan ini selanjutnya disebut  dengan sekolah imbas.

Tahun ini smkn 3 kota serang dipercaya untuk menjadi sekolah imbas dalam program bantuan pemerintah Retooling, Budaya Kerja dan Pembentukan Pusat Pengembangan Karier Siswa (PPKS).

3. LSP (berlisensi)

SMKN 3 Kota Serang telah memiliki LSP yang berlisensi sesuai surat keputusan BNSP nomor: BNSP-LSP-1223-ID yang berlaku hingga 2 Mei 2021

4. Kerjasama DU/DI

SMK Negeri 3 Kota Serang bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri dalam program Praktik Kerja Lapangan (PKL), rekrutmen lulusan, program magang siswa dan guru, serta program guru tamu. Kerja sama tersebut khususnya PKL dan rekrutmen belum secara optimal dilakukan karena jumlah siswa yang relatif banyak, sementara DU/DI yang sesuai dengan kompetensi masih terbatas.

Selain itu, SMK Negeri 3 Kota Serang telah meggandeng 4 perusahaan berkomitmen antara lain PT Alfaria, PT Mitsuba Indonesia, PT Yasunaga Indonesia, dan PT PNMsebagai upaya keterserapan lulusan pada DU/DI, sehingga perusahaan-perusahaan ini selalu melakukan rekrutmen terhadap lulusan terbaru maupun para alumni SMK Negeri 3 Kota Serang. SMK Negeri 3 Kota Serang juga telah melakukan kerja sama program Prakerin/PKL terhadap instansi maupun DU/DI, antara lain  PT Alfaria, PT Krakatau Steel, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Serang, Disnakertrans Provinsi Banten, PT AHM, PT INS, PT Mitsuba Indonesia, PT PNM, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi peserta didik kelas XI.

5. Adiwiyata Provinsi Banten

Pada tahun 2018 SMK Negeri 3 Kota Serang mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Serang serta meraih kembali penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Banten pada tahun 2019 sebagaimana dalam surat keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Banten nomor: 903/091.1/Kep.DLHK/VI/2020 Hal tersebut sebagai upaya meningkatkan kebersihan, keasrian, dan memupuk rasa cinta lingkungan sekolah kepada seluruh warga SMK Negri 3 Kota Serang.