Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro

  • Post published:December 5, 2020
  • Post category:JURUSAN

SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro (PKM) adalah salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan pada Bidang Keahlian: Bisnis dan Manajemen. SMK Jurusan ini akan banyak membekali siswanya dengan hitung-menghitung khususnya pada seluruh kegiatan yang berhubungan dengan bank seperti layanan nasabah, pembukuan, hingga pelaporan keuangan bank. Tenaga profesional di bidang Keuangan dan Perbankan akan terus dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan para pelaku usaha. Hal tersebut membuat SMK Jurusan Keuangan dan Perbankan Mikro masih banyak diminati hingga saat ini. Untuk memahami lebih jauh apa saja yang dipelajari dan bagaimana peluang kerja untuk SMK Jurusan Keuangan dan Perbankan Mikro, silakan simak artikel ini. 

Mata Pelajaran SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro

Untuk mencetak tenaga profesional di bidang Perbankan dan Keuangan Mikro, siswa akan dibekali dengan mata pelajaran yang dapat mengasah kompetensi mereka. Berikut adalah Mata Pelajaran SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro (PKM) :

A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Sejarah Indonesia
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital
2. Ekonomi Bisnis
3. Administrasi Umum
4. IPA

C2. Dasar Program Keahlian
1. Etika Profesi
2. Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet
3. Akuntansi Dasar
4. Perbankan Dasar

C3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)
1. Pengelolaan Kas
2. Layanan Lembaga Perbankan dan Keuangan Mikro
3. Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro
4. Komputer Akuntansi
5. Administrasi Pajak
6. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Selain dibekali dengan pengetahuan secara teori, siswa juga wajib mengikuti Prakerin (Praktek Kerja Industri). Dengan kegiatan Prakerin siswa bisa belajar untuk terjun langsung di dunia kerja yang sesuai dengan jurusannya. Untuk Prakerin SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro, siswa bisa ditempatkan di Bank Desa, Bank Wakaf Mikro (BWM), Lumbung Desa, Bank Pasar, Bank Pegawai, Bank Kredit Desa (BKD), Bank Kredit Kecamatan (BKK), Kredit Usaha Rakyat Kecil (KURK), atau Lembaga Keuangan Mikro yang lain. Harapannya setelah mengikuti kegiatan Prakerin siswa bisa mendapat pengalaman kerja, menambah pengetahuan, bahkan mendapatkan link  atau relasi baru.

Peluang Kerja SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro

Industri perbankan akan terus berkembangan seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi. Perbankan merupakan dunia yang tidak akan mati. Jenis pekerjaan yang ditawarkan industri perbankan pun sangat bervariasi.  Sehingga peluang karir untuk para lulusan SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro pun akan terbuka luas. Berikut adalah beberapa peluang kerja bagi para lulusan SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro :

  • Staff Akuntan
    Staff akuntan memiliki tugas untuk mengelola keuangan pada sebuah perusahaan.
     
  • Internal Auditor
    Tugas seorang internal auditor adalah mengurus dan memastikan seluruh laporan keuangan perusahaan telah sesuai dengan prosedur dan tidak ada penyimpangan dari alokasi-alokasi keuangan tersebut.
     
  • Credit Analyst
    Seorang credit analyst bertugas untuk menganalisis kemampuan nasabah atau klien dalam membayar kredit yang mereka ajukan melalui beberapa aspek yang dimiliki oleh nasabah tersebut. 
     
  • Kasir
    Seorang lulusan SMK Jurusan PKM pastinya memiliki keahlian dalam menghitung yang cukup baik. Keahlian ini akan sangat bermanfaat jika kamu bekerja sebagai kasir.
     
  • Teller Bank
    Tugas seorang teller antara lain adalah melayani penarikan, transfer dan penyetoran uang dari pelanggan hingga melakukan pemeriksaan kas.
     
  • Customer Service Bank
    Meskipun tidak berhubungan langsung dengan uang, namun dengan ilmu akuntansi yang sudah dimilliki tentu akan lebih paham mengenai permasalahan-permasalahan yang ditanyakan oleh nasabah.
  • Account Officer
    Account Officer bertugas untuk melakukan pengenalan produk suatu perusahaan finansial atau bank yang berupa jasa kredit, pinjaman, deposito, dan juga asuransi.
  • Funding Officer
    Funding Office bertugas sebagai pengumpul atau penghimpun dana dari para nasabah sebuah bank seperti dalam bentuk dana tabungan.
  • Wirausaha
    Lulusan SMK Jurusan PKM pasti memiliki ilmu untuk mengolah uang dan memanajemen uang dengan baik agar dapat memperoleh keuntungan. Maka dari itu berwirausaha juga bisa mejadi alternatif bagi yang tidak ingin bekerja di perusahaan.

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama tiga tahun pembelajaran, jika ditekuni dengan baik seorang lulusan SMK Jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro akan menjadi tenaga profesional yang baik. Tentunya tenaga profesional di bidang perbankan pun akan memiliki peluang kerja yang sangat luas. 

Sumber :

Leave a Reply